Qurban – hand in hand

Posted on Desember 7, 2007. Filed under: Islamisasi | Tag: |

kakak-kakak..
dulu ketika di katolik,
saya tuh merasa gampang aja kalau berpikir soal qur’ban..
maklum, kan katanya Isa a.s sudah berkorban dengan darah dan tubuhnya
tuk menebus dosa manusia..
hehe, menjadi buat apa pusing lagi soal qurban..??
kalaupun saya pernah denger cerita al kitab tentang qurban,
ya cerita qurbannya kabil dan habil tea..
yang satunya diterima dan satunya tidak diterima..
yang sering diambilkan pelajarannya dari kisah kabil dan habil itu
memang bahwa berqurban itu harus yang terbaik dan terikhlas dari yang
kita punya, meski itu hanya sedikit..

setelah muslim, saya baru ngeh banget cerita tentang Ibrahim dan
Ismail itu..
baru tahu tentang berqurban di idul adha itu..
dan juga baru tahu tata cara yang 1 domba dan 7 tuk sapi tea..

sederhananya, saya merasa di hari idul adha itu kita harus mau
berbagi..
karena betapa banyak orang ga seberuntung kita..
dan seperti itu juga yang sering disampaikan ustad2 di pengajian..

waktu di katolik,
saya tetap diajari tuk berbagi “justru” karena Isa a.s telah
berkorban tuk umatnya..
saya diajari menghargai arti sebuah pengorbanan..
saya ga tahu apakah tersebut diatas -secara dalil- masih relevan
dengan spirit para nabi hingga nabi Muhammad.. terutama dalam dalil islam..

tapi kadang saya tetap merasa, -meski sekarang saya muslim-..
bahwa qurban itu ya memang sebuah bentuk berbagi..
demi rasa syukur atas pengorbanan para nabi tuk keselamatan kita
semua, umat manusia..
siapapun nabinya..

saya menjadi tidak mampu membedakan pengorbanan para nabi itu hingga
nabi Muhammad saw,
walau saya -jelas- adalah pengikut Muhammad saw..
rasanya tuh pengen “hand in hand” deh jadi manusia.. dengan siapa
saja..
apalagi dengan yang seagama..

gitu ga sih??
(gitu ga sih kali ini, asli bertanya loh.. hehe)

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

