pemimpin dalam massa yang marah (pilkada 1)

Posted on April 11, 2008. Filed under: 1 |

(ini dari diskusi saya dengan teman ttg pilkada jabar nih, semoga bermanfaat. dan berhubung saya ini golput, mungkin bisa dilihat mengapa saya memilih golput.. yang pasti bukan sekedar karena saya ini berkulit putih loh.. nikmati dua postingan saya ttg ini..;P)

piki-piki yaaa…
saya kok melihat dan merasa..
massa di indonesia tuh sekarang sedang marah..
tahu dong orang marah..
bawaannya streng aja, mendelik aja dan siap menerjang aja..
sehingga “rugi” menurut saya, memimpin massa di kondisi demikian..
apapun yang kita lakukan bisa minus aja di mata massa yang demikian..
maka, hemat kata..
siapapun yang menang pilkada bahkan pemilu ntar tuh, ya cuma “mati kutu” aja..
jangan coba-coba tebar pesona deh sama massa yang lagi marah..
apalagi bohong? wah, ga ada ampun deh..

saat seperti ini yang dibutuhkan massa adalah penghiburan dan pencerahan..
agar reda marahnya, teratur kembali nafasnya, dan jernih kembali pikirannya..
penghiburan ya harus dilakukan dunia usaha.. dunia usaha harus mau memebri solusi juga terhadap persoalan bangsa ini, bukan sekedar cari uang saja di indonesia.
operasi pasar dll itu ga mempan, itu cuma sesaat..
pencerahan ya harus di graas root juga yang melakukannya, karena memang kecurigaan masa terhadap mereka yang berbau kekuasaan tuh sudah sangat kental..
massa justru sedang senang-senangnya kalau para “penjahat berdasi” di masukin ke bui..
maka hati-hati kalau pakai “dasi” yaa… hehehe..

islam?
hehehe.. nyadar ga sih?
kasus film fitna kemarin minus loh buat islam di dalam negeri kita sendiri,
terutama bagi pemilih dari luar islam dan mereka yang islam abangan..
pada intinya kan, massa itu akan memuai dan mencari wadahnya yang tepat..
wadah islam ga menjadi jaminan..

kesimpulan : massa ini akan terus bergerak dan bergerak mencari kondisi idealnya..
jika sudah dapet kondisi nyamannya, massa akan mengembang dengan sempurna..
soal arah, jamin.. massa akan mengembang ke segala arah..
akan terbuka semua celah tuk selamat..
massa sendiri yang akan membukanya, bukan cuma kekuasaan..

dan saya sih dari jauh hari sudah bilang,
kondisi ideal itu ya indonesia yang indonesia deh..

dan kalau ditanya apa yang bisa saya lakukan?
saya memilih jadi air hujan..
padamkan api, segarkan pikiran, bersihkan kotoran..
dan kalau mungkin, sucikan diri – lahir dan batin..
ga cuma saya loh, ini saya himbau untuk semua di sini..
mari memberi kesegaran bagi mereka yang tengah marah dan nestapa..

lalu kalau ditanya pemimpin seperti apa yang dibutuhkan dalam kondisi massa yang marah?
dalam konteks indonesia, yaa cuma satu… yaitu : “yang bisa ga bikin massa makin marah..”
turunannya yaa.. yang speechnya bagus dan mampu membendung segala bentuk intervensi..

kalau ada sih, yang lebih galak dari massa yang sedang marah ini..
tapi kan sulit tuh.. bisa mati muda pemimpin kaya gitu, kasihanlah.. ;P

ya paling mungkin yang ga maksain maunya deh..
yang mau mendengarkan dan melihat kemarahan massa dengan jeli..
serta melindungi kemarahan massa dari disusupi pihak ketiga..
bukan apa-apa..
masa yang marah kan emang ga kontrol banget..
pemimpin yang bisa mengontrol itu yang diperlukan..
walau mungkin ga dilakukan dan ga didengarkan semua omongannya si pemimpin itu dan tetap aja marah.. tapi yang penting, sudah “diarahkan”..
kalau massa yang marah ini memburuk, ya segera di tolong..
syukur-syukur sih masa yang marah ini mereda marahnya..

asli, siapapun yang mau jadi pemimpin di wilayah indonesia manapun saat ini..
satu deh rumusnya..
“jangan bikin massa makin marah”..
gitu ga sih??

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: