arti di balik nama saya..

Posted on Mei 8, 2008. Filed under: 1 |

(ini bukan sekedar asal usul loh.. ini aneh tapi nyata..)

saya suka dipanggil anis.
anis adalah sebuah nama yang bisa membuat saya bertahan hingga hari ini..

alkisah dari ibu saya, tak lama setelah lahir saya kembali dirawat di rs. saya terserang muntah ber. tidak bisa meminum asi dan susu formula. dokter sudah nyaris menyerah. tiba-tiba ada sahabat nenek saya, seorang sebut saja -dukun- berniat mengaku saya sebagai anaknya. namanya Mak Piyah, orang lampung asli. beliaulah yang memberi saya nama : anis.
jadi anis itu bukan dari nama Islam, sebagaimana sering dari An-nisaa’. nama anis itu ya anis saja.. tak ada artinya..

saya sendiri memiliki nama lengkap dari ortu, yang baru saya ketahui ketika akan membaut STTB SD. sampai semua suster dan guru saya, terbahak-bahak. ternyata anis punya nama lebih panjang dari sekedar anis toh? begitu kata mereka. maklum, dari TK sampai menjelang lulus SD, baik saya dan mereka hanya tahu nama saya : anis.. sajah.

nama indonesia saya itu, kurang lebih tak jauh berbeda arti dengan nama cina saya.
artinya : embun, awan dan wanita..

lah, suatu ketika ibu saya pernah bilang begini..
namamu kok begitu yaa? terkesan sangat tidak abadi..
maksudnya?
iya, embun dan awan.. dua benda yang datangnya ga ketahuan dan hilangnya ga ketahuan.
embun hanya ada di pagi dini hari, dingin, trus begitu matahari datang, dia menghilang, kering.
lalu awan, dia hanya kumpulan titik-titik air, menggumpal dan lalu dingin dan kembali mencair jadi titik-titik air hujan..
kok ga ada awet-awetnya yaa?
apa itu tandanya lu bakal cepet mati ya, nis??

halahhh, cuma ibu saya yang suka blak-blakkan dan bikin takut. masa’ anaknya ditanya bakal cepet mati atau tidak.. hehehe..
tapi, jujur- ibu saya ga salah sampai bisa berkata seperti itu. saya memang sakit-sakitan dari kecil. entah kenapa..??

tapi, kenapa juga kasih nama itu?
begitu saya pernah bertanya pada ibu saya..
jawabnya, sebenarnya nama itu bagus artinya..
ehmm, iya sih, artinya memang bagus..

dan sekarang ketika saya sudah seumur segini, saya ya baru menyadari.. arti nama saya dalam kehidupan saya. sungguh, hidup saya memang seperti titik-titik air.
yang dingin dan basah sejenak, lalu menghilang di terik matahari, naik menjadi gumpalan awan diatas langit, lalu kembali mendingin, menjadi titik-titik air dan membasahi rumput lalu kemudian kering lagi.. hilang lagi..

di manakah saya saat ini? sedang menggumpal di langit? atau sedang turun jadi titik-titik hujan? atau sudah dibawah dan basah? atau sudah siap menghilang di terik matahari?

sungguh, nama saya memang tidak abadi..
saya terlahir sebagai wanita yang tidak abadi..
saya ditakdirkan tak memiliki keabadian..
saya sungguh sangat ringkih..
saya wanita setidak abadi nama saya sendiri..

maka panggil saya : anis
sebuah nama yang telah membuat saya bertahan hingga hari ini..
jadi… jika tiba-tiba saya menghilang..
tidak kaget lagi kan?
sungguh, saya cermin sebuah ketidak-abadian..
tapi sebagai siklus titik-titik air, saya abadi..
dari embun lalu menguap menjadi awan, lalu mendingin dan turun sebagai hujan, kemudian menjadi embun lagi di rerumputan ,lalu menguap lagi di terik matahari, lalu lagi, lalu lagi dan lalu lagi.. mengalir dan mengalir lagi.. abadi..

saya tidak abadi dalam keabadian..
seperti hidup dalam “hidup”

lah, di suatu ketika dulu, sahabat papa saya dari singapura, tiba-tiba meminta ke ibu saya, tuk menjaga saya baik-baik.. katanya ada api dalam jiwa saya.
duh, tadi air sekarang api..??
tapi bener juga sih, saya ini kadang memang seperti api. panas, menjilat bahkan bisa menghanguskan. api menjadi bara dalam jiwa saya tuk bertahan dan berjuang hingga hari ini.. bahkan -maaf- menyerang yang berani menghalangi saya..

air dan api, dalam diri saya..
jelas dua yang tidak mungkin bersatu..
maka mari lihat sajalah..
sampai kapan api akan kobarkan jiwa dalam dada
hingga meski dalam ringkih, saya akan terus hidup dan berjuang..
atau sampai kapan air dalam nama saya akan mengumpal..
sehingga turun bak ingin menyiram api hingga padam..
saya harus seimbang sebelum menghilang..

panggil saja saya : anis
sebuah nama yang telah membuat saya bertahan hingga hari ini..
bak api seimbangkan air..
air seimbangkan api..
walau tentu keduanya tak pernah abadi..
setidak abadi nama saya sendiri..

setidak abadi hidup saat ini…
walau sebagai siklus, hidup ini abadi..
kita menjadi tidak abadi dalam keabadianNya..

salam manis
dari anis
dan terimakasih tuhan tuk hidup yang teramat manis

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

12 Tanggapan to “arti di balik nama saya..”

RSS Feed for “Islam Indie” Comments RSS Feed

Nis,
kalo aku kebalik,
mamaku asli Lampung (Sukadana).
Rupa kami pun aslinya spt kebanyakan orang Lampung, mirip2 Cina.
Jadi smp sekarangpun masih saja ada yang mengira aku cina.
mamku yang sudah berjilbabpun “keukeuh” ditebak sbg Cina Muslim.
Laagh… gitu aja kok repot dipikirin.
Lempeng, say, lempeeeeng…
Hihihihi…

@mbak maya
oya?? wah… ketemu saudara sekampung nih..
masih suka ke lampung ga nih?? saya di tanjungkarang ๐Ÿ˜€

permisi, kebetulan lagi search di google tentang ‘anis’ karna kebetulan nama saya juga anis, trus nyasar kesini deh
salam kenal ^^

salah satu nama panggilanku juga anis, dan aku juga memiliki kesamaan dengan mba, aku juga sakit sakitan loh dari kecil, dan diantara saudara saudaraku, akulah yang paling ringkih dari penyakit

anyway, salam kenal mba anis ^^

hugfh….. berati arti nama aku gt dunk…

Saya pun seseorang yang bernama Anis..
setelah membaca tulisan Anda,,,saya pun menyadari sebagai seorang Anis saya pun seperti itu…

Like this,,,^_^

syukurilah nama mu itu, karena mu adalah doa buat mu.

Bagus sekali… saya suka dengan cerita ini…

tolong artikan nama saya yg selengkap lengkap nya makash

hm..nama ku juga anis..kadang2 aq mengalami seperti yg km critakan..jatuh,bangkit kadang2 bisa menyingkarkan yg tdk sjalan dgn saya

ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
Anis ada artinya dari bahasa arab yaitu menyenangkan,dan nama ini biasanya dipakai untuk anak laki laki dikalangan keturunan arab.
Nama adalah doa,bukan sekedar nama.sakit,sehat,hidup,mati adalah ketentuan ALLAH SWT.sakit adalah berkah yg luar biasa buat orang2 beriman yg berfikir dan berserah diri,tp bisa menjadi kesia2an yg menyakitkan bagi orang2 yg selalu mengeluh dan tak bersyukur.semua tau kecuali anak2 yg belum paham dan orang2 yg hilang ingatan bahwa kita semua pasti mati,tp tak banyak yg tau dan mempersiapkan diri menghadapi ujian paling berat sakarotul maut.ALLAH SWT Maha Mengetahui apa2 yg ada dibelakang dan apa2 yg ada didepan,berprasangka baiklah padaNYA.bersihkanlah hati,jika hati bersih maka bersihlah seluruh tubuh.
Mohon maaf yg sebesar2nya atas kelancangan saya,saya hanya orang kotor dan tak tau diri.salam kenal dari saya…
Wassalam,
ANIS

Ass. ๐Ÿ™‚
wah ternyata banyak ya yang namanya anis, hihihi ๐Ÿ˜€
nama ku juga anis, kata bunda… Arti nama anis itu kalo dalam bahasa arab (nama muslim) artinya “ramah tamah dalam pergaulan “, atau kalo bahasa yang gampangya itu “supel”. Terus kata bunda anis, sebenernya nama anis itu bukan nama buat anak perempuan, tapi buat anak laki-laki. ^-^
tapi nama asli ku sendiri bukan anis (Nisrina). Salam kenal semua ๐Ÿ™‚ …..
Wass.

Arti nama siti tiara apa ya?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: