saya, antara Isa dan Muhammad

Posted on Mei 8, 2008. Filed under: 1 |

(ini serius tapi santai yaa.. hanya sekedar menuangkan perasaan kok. sekali lagi, hanya menuangkan perasaan.. piss.. ;P)

saya suka merasa sakit di hati, jika ada muslim yang bicara dengan begitu tidak enak terkesan, ttg misionaris kristiani dsbnya. rasa sakit itu bukan karena saya ini mantan pengikuti Isa as.. bukan!
rasa sakit itu, karena terasa yang bisa berbicara begitu, seperti yang tidak percaya sama Allah saja.
kenapa takut sama misionaris? bukankah katanya kita harus takut hanya pada Allah? ketakutan pada misionaris telah membuat anda menjadi picik terhadap tuhan anda sendiri.
-maaf..

dan saya juga sakit jika mendengar non muslim menghina Muhammad. pedang, kekerasan dan poligami dsb-dsbnya. seperti saya pernah bilang di sini, kalau tidak kenal mbok jangan banyak komentar deh. nanti malah salah paham kan?? sebagai yang sama-sama meyakini tuhan, mbok adem gitu loh? pissss… damai.

sungguh, sakit hati saya berdiri di antara “rasa” Isa saya dan “rasa” Muhammad saya..
setengah-setengahkah saya?
tidak.
biar saya diantara dua rasa antara Isa dan Muhammad, saya nih tidak berjalan kepada isa atau muhammad. saya berjalan menuju tuhannya Isa dan Muhammad. tuhan yang Esa..
dengar yaa.. menuju tuhan yang esa, yang maha mencipta dan menguasai segala sesuatunya..

tapi yaaa, saya tidak bisa memaksakan apa-apa yang saya sadari dan ketahui..

tahu tidak? kadang ketika rasa sakit itu menghujam dalam..
kepala saya sampai pusing, berkunang-kunang, dan ketika hampir brugg.. saya merasa Isa akan memeluk saya. Isa lah yang mampu membasuh jiwa saya. dari kesedihan dan kerapuhan. Isa lah yang memiliki kasih begitu luas dan ikhlas..
dan tahu tidak..? pada saat saya dipelukan isa, dengan nafas yang pendek-pendek.. lihatlah, Muhammad berdiri tegak melindungi Isa yang tengah memeluk saya. Muhammad dengan pedangnya, berdiri dan siap dengan wibawa menegakkan keadilan tuk saya. sungguh, hanya Muhammad yang bisa bersikap adil. beliau tegas dalam menegakkan keadilan.

lihatlah..
cahaya Isa yang lembut membungkus saya dan cahaya Muhammad yang benderang menghapuskan kegelapan di sekitar saya.
lihatlah, Isa dan Muhammad menyeimbangkan saya. memeluk dan membantu saya tuk tegak kembali. Isa adalah nafas saya dan Muhammad adalah mata dan langkah saya..

saya memang berbeda. saya berdiri atas takdir diantara Isa dan Muhammad.

tapi sungguh, saya mencintai kedua dengan sama rasa. meski saat ini saya menjalani syariatnya Muhammad, tapi cinta saya tuk keduanya sama. mereka berdua adalah nabiNya, manusia prima yang dititipkannya pada kehidupan nyata ini. tak perlu buat saya semua silang sengketa ttg keduanya, saya mencintai mereka apa adanya.. saya ingin bersama mereka, dan semua manusia yang baik, tulus dan yang mengajarkan manusia akan kebenaran demi menuju tuhan yang esa..

mencampur adukkan Isa dan Muhammad-kah saya?
tidak.
Isa adalah Isa. Muhammad adalah Muhammad. mereka berdua hanya ternyata bisa hidup bersama salam jiwa saya. tak saling sengketa. mereka berdua saling membahu, membangun dan menjaga juga mengasihi dalam jiwa saya.
karena tuhan mereka sama dengan tuhan saya, tuhan yang esa. Allahu ahad..

salahkah saya begini?
tidak.
saya sudah muak dengan semua silang sengketa hanya tuk nafsu yang mengatas namakan Isa dan Muhammad. saya sudah tidak mau hidup dengan nafsu yang demikian. sengketa seperti itu terasa hanya mencekik dan membunuh jiwa saya perlahan-lahan. tapi tentu, tidak akan mampu membunuh rasa Isa dan rasa Muhammad yang berpadu dalam jiwa saya, dan tidak akan pernah menyentuh rasa tuhan yang esa dalam jiwa saya..

sungguh, kadang tubuh saya menggigil. ujung-ujung jemari saya dingin. ingin keluarkan merah-putihnya darah yang mengalir dari tubuh, meski perih dan nyerih. saya mencintai kedua-nya berserta orang-orang sholeh -sebelum dan sesudah mereka- dengan sempurna..
sesempurna saya mencintai tuhan yang esa.
yang menggenggam jiwa dan raga saya..

maka lihatlah isa yang memeluk saya dan membasuh semua luka. dan Muhammad yang berdiri dan siap menegakkan keadilan atas diri saya.
lihatlah cahaya Isa yang lembut membasuh jiwa saya dan cahaya Muhammad yang benderang, menghalau segala kegelapan di sekitar saya..
lihatlah cinta saya tuk mereka..
lihatlah cinta saya tuk tuhan mereka..
maka mengapa masih di sana dan bersengketa?
takutlah kita hanya pada tuhan yang menggenggam jiwa kita..
bukan pada mereka yang mengatasnamakan Isa dan Muhammad tuk nafsunya..
karena tentu hanya iblis -musuh manusia yang nyata- yang nanti kan tertawa..

lihatlah..
cahaya Isa yang lembut
dan cahaya Muhammad yang benderang
yang membalut, menuntun dan menerangi jiwa saya..
jiwa yang terluka diterpa kehidupan..
kehidupan yang ganas dan panas
lihatlah..
cahaya meraka utuh membantu saya..
berjalan di atas titian serambut dibelah tujuh..
menuju Dia yang esa..
hanya Dia yang esa..

maafkan saya tuk jika tidak berkenan dengan postingan yang ini yaa..
setiap orang boleh menjajakan agamanya, tapi tuhan ada di hati kita
tidakkah itu cukup berarti untuk kita? dan cukup menjawab semua tanya kita?

anis

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

15 Tanggapan to “saya, antara Isa dan Muhammad”

RSS Feed for “Islam Indie” Comments RSS Feed

Ah, jadi inget sebuah renungan:

Isa dan Muhammad sedang menangis di surga sana, melihat umatnya saling membunuh.

Kita coba renungkan saja, Siapa sih sebenarnya yang mencipta langit dan bumi beserta isinya ini? Allah Bapa org kristen menyebutnya Allah Maha Besar orang muslim menyebutnya. Kalau begitu siapa Allah Kristen dan Allah Muslim tersebut apakah langit dan bumi beserta isinya di ciptakan oleh dua ALLAH atau hanya ada satu Allah yang menciptakannya. Siapa Allah sesungguhnya……………. kita umat beragama saling membenarkan ajaran kita bukannya saling mengisi kekurangan satu sama lain.

Puji Tuhan, Segala Puji hanya Bagi Allah, Menurut Saya, Allah itu hanya ada satu yang menurunkan Al-Kitab Taurat,Zabur,Injil,dan Al-Qur’an serta beberapa suhuf kepada para Nabi dan Rasul Nya.

@danalingga
makasih bangets buat renungannya.. ๐Ÿ™‚

@hermanussugianto
makasih mas..
yuk, sama-sama kita saling mengisi.. demi indonesia kita -tercinta- ๐Ÿ™‚

anda menciptakan agama sendiri bagi diri anda,anda tidak mengenal siapa sesungguhnya yesus…dan anda berusaha menyanjung muhammad dgn sanjungan yg tinggi dan melupakan segala kenyataan yg telah dilakukannya yg penuh kekejaman demi tegaknya agama islam ciptaannya,dgn segala daya dan upaya demi kejayaan bangsa arab dan islam agama ciptaannya belaka.wasalam

*lirik komen diatas*

Waduh, tampaknya mereka masih akan menangis lebih lama mbak. ๐Ÿ˜ฆ

bu Anis untuk bung “Solihin” ini mohon tdk usahditanggapi karena ini adalah orang yang ingin mengadu domba..Namanya juga bukan asli. apalagi memakai alamat faithfreedom yang jelas jelas itu situs untuk mengadu domba.

@datyo
@danalingga
komentar saya tuk mas solihin itu sederhana saja deh.

@ solihin
itu ruang rasa saya. mas solihin pasti punya ruang rasa sendiri. kalau mas tidak setuju dengan perasaan saya, ya tidak apa-apa. kita tidak mesti sama tapi kita masih bisa selalu bersama dengan saling menghormati. itu namanya toleransi kali yaa..

salam hangat

Benar sekali, saya memang terlalu emosi, mohon maaf. Buat bung Solihin, maaf kalau saya terlalu keras ke anda, piss

Anda benar saya tidak akan menyalahkan anda,yang terpenting anda tahu siapa ALLAH anda yang anda sembah, itu yang paling penting dan paling utama .Sebab ibadah anda akan sia-sia kalau anda tidak mengenal Allah anda,Kitab Hosea (Perjanjian Lama)4: 6, Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah (kurang pengetahuan akan); karena engkaulah yg menolak pengenalan itu, mk Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan krn engkau MELUPAKAN PENGAJARAN ALLAH MU, Maka AKU juga akan melupakan anak-anakmu. Intinya, carilah Allah sampai anda bertemu Dia. Yang jelas Muhammad sebenarnya memberitakan Injil Kristus kok, memberi peringatan akan kedatangan ‘Isa ibn Maryam yang akan menjadi hakim, dan di al Quran di tuliskan di dalam Qs Al Baqarah:210.Andai kata anda masih menyimpan Alkitab bisa lihat Matius 24:29-36, dimana Anak Manusia (Yesus) datang dalam awan-awan, juga Matius 25:31-46,Yesus mengatakan spt apa ketika Anak Manusia (Yesus) kelak akan menghakimi dunia, ada juga Wahyu 20:11-15.
Dan Yesus yg Anak Manusia itu telah di nubuatkan oleh Daniel7: 13-14 (Perjanjian lama),Yesus adalah Anak Manusia itu yang datang dengan awan-awan, spt yg tertulis di dalam al Quran yang menyebut-Nya “Allah”. Dan Yesus itu adalah Tuhan Yang mengahapus dosa pemberontakan manusia spt yg tertulis dalam Kitab Yesaya 43:25, AKU, “AKULAH DIA” YANG MENGHAPUS DOSA PEMBERONTAKANMU OLEH KARENA AKU SENDIRI, DAN AKU TIDAK MENGINGAT-INGAT DOSAMU .Dan Yesus berkata kepada orang banyak mengingatkan mrk apa yg telah di katakan-Nya dahulu kpd Yesaya bahwa Dialah yang menghapuskan dosa , Yohanes 8:24…Bhw kamu akan mati dlm dosamu; sebab jikalau kamu TIDAK PERCAYA, bahwa “AKULAH DIA”, KAMU AKANMATI DALAM DOSA MU”. Dan percayakah anda akan keselamatan yang di berikan Yesus itu, yang akan menghapuskan dosa anda, agar anda mendapatkan keselamatan itu ? Mengapa al Quran mengatakan Qs. Maryam: 71,Dan TIDAK ADA SEORANGPUN DARIMU, melainkan MENDATANGI NERAKA ITU (ini di sebabkan al Quran tidak mempercayai bahwa Yesus dapat menebus dosa manusia ), HAL ITU BAGI TUHANMU ADALAH SUATU KEMESTIAN YANG SUDAH DI TETAPKAN.
Itu sebab mengapa Muhammad sampau sekarang masih di dokan untuk keselamatannya, sebab Muhammad sekarang belum ada di sorga. Tetapi al Quran menuliskan bahwa ‘Isa sekarang telah di angkat ke Sorga kepada Allah, dan itu sebabnya dari Sorga ‘Isa akan datang untuk menjadi hakim yang adil.

Anda mungkin salah, Yesus tidak perlu di lindungi dengan pedang Muhammad, sebab itu Tuhan, dan Dia berkuasa, Dia tinggal panggil malaikat2-Nya dan mereka akan melayani Dia.Yesus ketika menjadi manusia berbeda dengan Yesus ketika duduk di atas tahta-Nya seperti sekarang ini: YESUS MEMPUNYAI PEDANG YANG KELUAR DARI MULUT-NYA, sebab Ia adalah Firman Allah .Wahyu 19: 11-16, dikatakan bahwa Ia bernama: YANG SETIA DAN YANG BENAR”, Ia menghakimi dan berperang dengan adil. Apakah anda lupa bahwa ‘Isa nanti akan memerangi Dajjal dan membunuhnya ? Nama-Nya juga “FIRMAN ALLAH” dan semua pasukan di surga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih, memakai lenan halus yg putih bersih. Dari Mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam yg akan memukul segala bangsa.

Nah anda tidak usah bersedih, anggap Muhammad sebagai rasul spt juga rasul Paulus (rasul bagi mrk yg tak bersunat), yg membawa anda untuk beribadah kepada Tuhan Allah semesta alam .
Menurut saya, pengikut Muhammad entah kapan banyak di pengaruhi oleh org2 Farisi, atau guru3 palsu saat itu, yg lalu sengaja ingin mengadu domba antara Kristen dengan pengikut Muhammad dengan mengajarkan kpd mrk bhw Muhammad itu adalah Anak Manusia atau Mesias, namun sebenarnya di banyak ayat Muhammad sendiri, tidak sependapat sebab Muhammad tahu bhw DIA BUKANLAH MESIAS, namun para pengikutnya yg sepertinya tdk peduli, ingin menjadikan Muhammad menjadi Raja di atas segala raja (Gelar yg di sandang Anak Manusia), itu sebabnya sebenarnya tanpa sadar dg mempercayai bhw nabi ummi yg di nubuatkan Musa itu sbg Muhammad maka sebenarnya mrk telah menjadikan Muhammad nabi palsu atau Mesias palsu. Muhammad tahu ini mknya ada peringatannya yg tertulis di hadis yg melarang pengikutnya menyanjung nya berlebihan di tempat yg tidak diberikan Allah kpdnya .

Pengikutnyalah yg sebenarnya menjerumuskan Muhammad, kasihan sebenarnya Muhammad, barangkali ia sadar dg begitu maka krn oleh pengikutnya ia dijadikan sbg Mesias, akan banyak org yang tersesat;sehingga ada tertulis jg di al Quran bhw Muhammad TIDAK TAHU APA YG AKAN TERJADI TERHADAP DIRINYA, sehrsnya seorg nabi mengetahui bahwa ia dapat langsung masuk surga, spt jg semua rasul-rasul Yesus, tidak ada dari mrk satupun jg yg di doakan, semua mrk memberi syafaat, mendoakan jiwa-jiwa kita yg masih ada di bumi .Namun Muhammad satu-satunya nabi dari seluruh nabi yg sampai sekarang masih terus di doakan agar dapat di tempatkan di sorga .Menjadi pengikut Muhammad yang percaya Yesus itu tidak salah, mungkin anda lebih suka cara ibadah yg di lakukan pengikut Muhammad; namun tetap anda harus tahu dan punya hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus, sebab hanya melalui Dia saja manusia dapat kembali masuk surga. Dan kalau anda mengharapkan menerima warisan spt yg di janjikan Allah kpd Ibrahim, hanya Yesus jg yg dpt memberikannya kpd anda, yaitu Passport Kewarganegaraan Sorgawi, yaitu ROH KUDUS, Roh Kudus itulah yg di janjikan Tuhan, spy manusia dpt menjadi ahli waris sorga . Gbu.

makasih dan salam kenal mas Dian Kristo.. ๐Ÿ™‚

maafkanlah keterbatasan peminjaman kata tuk membahasakan perasaan bahagia boleh memiliki pengalaman “berada” di tengah keduanya. mencintai dan ingin bisa menjaga semuanya dengan damai dan baik-baik saja. tentang di mana saat ini saya berdiri, itu cuma koordinat kecil dalam kehidupan yang maha besar ini. semoga tidak pernah menjadi penghalang bagi siapa-siapa..

tentang apa yang bisa lebih baik diberikan oleh Yesus pada saya, tentu Muhammad tidak akan keberatan, begitupun sebaliknya. apa yg bisa lebih baik diberikan oleh Muhammad pada saya, tentu Yesus jg tidak akan keberatan. karena pastinya, kerelaan keduanya luarbiasa tuk rata-rata kita (terlebih saya) yang hanya manusia kecil ini.
dan keduanya pasti mendukung sekali rasa cinta saya pada tanah air kita ini. saat ini, rasanya tak ada kebahagiaan dalam keberagamaan saya selain bisa terus menjaga kedamaian dalam kebhinnekaan negeri kita ini. dan bahkan itulah “surga” yg saya impikan tuk tanah air saya..

semoga Tuhan berkenan membuat mimpi saya menjadi nyata. semoga Yesus dan Muhammad, jg semua yang baik yang sholeh, yang telah mendahului kita, terlebih semua pahlawan kita, yang tercatat maupun yang terlupakan oleh sejarah, tersenyum lega untuk negeri kita.

apakah mas Dian Kristo juga berkenan mendoakan mimpi saya jadi nyata? terimakasih.. GBU, too ๐Ÿ™‚

Ya, saya selalu berdoa supaya ada damai di negeri ini, saya percaya Tuhan itu hanya satu; hanya saja ada yang mengenal-Nya dan ada juga yang tidak mengenal-Nya. Namun Tuhan itu adalah Tuhan yang Maha Pengasih lagi Penyayang, orang dapat saja menghakimi seseorang akan keberadaannya hanya melihat dari bungkus luarnya saja, tetapi Tuhan yang mengetahui hati manusia yang sebenar-benar-Nya .

Saya percaya, apapun agama seseorang jikalau dia sungguh-sungguh mencari Tuhan, merindukan Dia, haus dan lapar akan Tuhan, pasti Tuhan akan menuntun orang tersebut untuk dapat menemukan Dia; sebab Tuhan hanya Satu, dan semua orang yang dengan ketulusan hatinya mendambakan Dia, pasti akan mendapatkan Dia .

Tuhan dapat di temukan di semua orang yang mempunyai KASIH YANG TULUS, sebab KASIH ITU TUHAN, TUHAN ITU KASIH . Walaupun seseorang tidak mengenal Tuhannya, kalau hatinya penuh dengan kebaikan, Tuhan akan mendatanginya melalui kasih .
Tidak ada seseorangpun yang sanggup mengasihi sesamanya dengan tulus, mempunyai jiwa yang besar untuk mengampuni orang lain, mau menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, kalau Tuhan tidak ada di hatinya, sebab Setan /Iblis tidak dapat memberikan kasih, tidak dapat memberikan ketulusan, tidak dapat memberikan kejujuran semua itu hanya di dapatkan dari Tuhan saja. Karena Iblis adalah bapak dari segala dusta, dia adalah pembunuh jiwa manusia, dia adalah kesombongan, irihati (sebagaimana dia iri kpd Adam dan tidak mau menyembah Adam), dan dia juga pendendam, tidak ada kata pengampunan bagi Iblis, Iblis adalah si jahat dan akar segala kejahatan .

Saya tahu banyak dari pengikut Muhammad sangat cinta Tuhan, sangat taat beribadah, sangat ingin menyenangkan hati Tuhan; sayangnya mereka tidak mengenal siapa Tuhan itu, karena itu mereka sering tidak mengetahui apa yang Tuhan kehendaki supaya dapat sungguh-sungguh menyenangkan hati-Nya .
Andaikata para pengikut Muhammad telah di celikan matanya, KEBENARAN TELAH DI SINGKAPKAN KEPADA MEREKA, saya percaya mereka akan dapat segera mengejar ketinggalan2 mereka selama ini, dari apa yang telah di capai oleh pengikut Kristus sendiri, karena memang harus di akui para pengikut Muhammad itu memang tekun dan giat, serta berlomba-lomba ingin melakukan apa yang Tuhan kehendaki mrk lakukan .

Saya seringkali sedih, melihat orang-orang yang cinta Tuhan tetapi BUTA TIDAK DAPAT MENGENALI TUHAN-NYA, saya sedih memikirkan jiwa-jiwa mrk krn tdk menemukan Tuhan pada akhirnya justru menjadikan agama menggantikan tuhan. Agama begitu di agungkan sehingga melupakan keberadaan Tuhan yang ada di atas agama-agama .

Saya menghormati setiap orang akan apa yang menjadi ‘JALAN’ bagi dia mencari Tuhan, karena itu tadi, hanya ada SATU TUHAN YANG SEJATI DI SELURUH ALAM SEMESTA INI, tidak ada yang lain, memang banyak yang bisa menjadi tuhan seseorang di dunia ini; uang,harta, jabatan dsb bisa menjadi tuhannya, dimana orang akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya entah itu uang, jabatan dsb dsb terkadang dengan segala cara.

Mari kita semua berdoa semoga Tuhan melawat/mengunjungi bangsa ini, bertahta di antara kita; supaya setiap orang kenal akan Tuhan dan berbalik dari jalan-jalannya yang keliru sehingga kedamaian, kesejahteraan, saling mengasihi diantara kita akan terwujud. Sangat menyedihkan melihat apa yang terjadi di antara bangsa kita sekarang, kekerasan mewarnai kehidupan bangsa ini, korupsi merajalela, hati nurani seperti hilang entah kemana; ketenangan, rasa aman, seolah-olah tinggal wacana, apa lagi mau mengharapakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia .

Mari kita sama-sama berdoa untuk bangsa ini, supaya kita semua mendapatkan rahmat-Nya, untuk dapat saling mengasihi satu dengan yang lain . Gbu.

@Dian Kristo : makasih mas..
untuk Indonesia, semoga tak pernah letih dg kebhinnekaannya. sy percaya, hanya yg mampu menerima dan menaungi kebhinnekaan Indonesia dg nyamanlah yg kelak akan mampu mengerahkan seluruh potensi bangsa tuk berkarya bersama dan membuat Indonesia maju bersama.. tentu bukan yg hanya untuk mengejar suara..
semoga selalu ada jalan untuk Indonesia menjadi lebih baik ke depan. amin. Gbu, too ๐Ÿ™‚

Salam……. ini adalah Salam sebagai ucapan selamat dari tuhanmu yang maha penyayang….
Dari adam , idris , nuh, hud, soleh sampai pada isa dan muhammad mereka semua adalah utusan Allah tuhan semesta alam, lalu mengapa anda mendebatkan nya.
yang saya tanya kan siapa utusan anda.

Apakah anda berpegang kepada orang yang sudah wafat…?

6. Al anรกam 130. Hai golongan jin dan manusia, apakah belum datang kepadamu rasul-rasul dari golongan kamu sendiri, yang menyampaikan kepadamu ayat-ayatKu dan memberi peringatan kepadamu terhadap pertemuanmu dengan hari ini? Mereka berkata: “Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri”, kehidupan dunia telah menipu mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah orang-orang yang kafir.

dan sungguh ini adalah peringatan yang keras dari tuhan mu..

dari ayat di atas jelas kalau utusan Allah itu senantiasa ada dari tiap2 golongan.
Apakah anda sanggup (islam) mengikari ayat di atas…?

16.An-nahl 84. Dan akan hari Kami bangkitkan dari tiap-tiap umat seorang saksi.

saksi apakah itu? isa mengajarakan ba’tis muhammad mengajarakan baiรกt yang arti janji kepada tuhan.

dalam hal ini saya mau menyampaikan tentang syahadat, ”aku bersaksi bahwa sanya tiada tuhan selain allah dan tiada sarikat bagi nya”. ketika aku bersaksi… tentunya aku diri kita sendiri. bersaksi…menyatakan tiada tuhan selain allah, dan benar kita bersaksi ketika ada saksi dalam pengucapan itu, dan itulah yang di sebut terjadi nya baitur yang di ridhoi Allah.
namun ketika anda tidak ada saksi terjadilah seperti cerita ayat di atas…. Mereka berkata: “Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri”, kehidupan dunia telah menipu mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah orang-orang yang kafir.

bila ada yang ingin menayakan lebih lanjut hub saya di facebook.

wasamu alaikum waramah.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: