maka kita semua adalah sufi..

Posted on Mei 15, 2008. Filed under: 1 |

(mau to the point nihh..)

beberapa teman yang baca tulisan-tulisan saya di sini, baik yang muslim dan non muslim, bilang saya tuh seperti…. sufi!
duh, geli nih.. maaf- izinkan saya melepas tertawa sebentar yaa..
hahahaha,
hihihihihi,
hehehehe..
asli geli..
aduh, makasih banget yaa..
tapi apa iya saya seperti seorang sufi??
saya jadi bertanya-tanya sendiri nih..
karena -maaf-, saya pernah berselancar di dunia sufi. haduhhhh… saya kok malah merasa seperti tersesat. saya agak bingung dengan ekspresi sufistik yang saya temui di sana. ya karena sejujurnya karena saya ga gitu-gitu amat..

ehmm, begini ya, sejujurnya jika ditanya apa mau saya?
maka saya nih maunya sederhana.
saya mau agar segala sesuatu itu ditempatkan lagi sesuai tempatnya dan segala sesuatu itu dipenuhi sesuai haknya.

kenapa?
ya karena kehidupan kita saat ini tuh seperti kebablasan di satu sisi dan kekurangan di satu sisi lagi. menciptakan kesenjangan yang luar biasa tajam. sehingga hidup dan kehidupan kita bagai terbelah. di dalam banyak hal. baik dalam kehidupan sosialita, ekonomi, pendidikan dsb-dsb termasuk dalam beragama..

dan tahu tidak?
ternyata, menempatkan segala sesuatu pada tempatnya dan memenuhi segala sesuatu sesuai haknya adalah tingkat tertinggi dalam sufistik. ini ada di banyak buku tasawuf dan sufi.
sufi itu bukanlah yang ber-uzlah atau mengasingkan diri, juga bukanlah yang zuhud menghindari diri dari kenikmatan hidup.
sufi menjadi adalah sebuah jalan tuk proporsional dalam hidup.

maka kemudian tuk proporsional itu, diperlukan kejujuran.
tanpa kejujuran sulit tuk bisa kembali menempatkan segala sesuatu pada tempatnya dan terutama sulit tuk memenuhi segala sesuatu sesuai haknya..
kejujuran juga adalah awal dari kebeningan hati dan jiwa.
semakin mampu tuk jujur, -minimal jujur pada diri sendiri- dan menjalani hidup dengan jujur pula, konon katanya akan semakin bening hati itu. dan dalam kebeningan, maka cahaya tuhan akan memancar darinya..
wah, indah kali yaa??
baca deh, di surat an nuur QS 24 :35.
hehehe, maaf malas nulisin ayat itu disini, panjang banget.. πŸ™‚

maka saya jadi merasa, bahwa semua dari kita bisa menjadi sufi..
siapapun dia dan bahkan apapun agamanya
syaratnya, selama kita mau terus berusaha -dalam apapun kapasitas dan realitas kita- tuk selalu menempatkan segala sesuatu sesuai tempatnya dan memenuhi segala sesuatu sesuai haknya. selebihnya adalah akhlaq/budi pekerti. yaitu bagaimana kita mau bersama siapa saja, ramah, baik hati dan tidak sombong, dalam melaksanakan itu tadi..
sederhanakan??

sungguh, saya nih merasa.. kalau kita memang ingin mengenal tuhan, maka masuklah ke dalam jantungnya kehidupan. bahkan kalau perlu masuklah ke dalam jantungnya kebobrokan hidup. sebagaimana para nabi dulu ditugaskan. para nabi itu adalah tokoh-tokoh sufi yang paling nyata dalam hidup ini dan sangat jelas di abadaikan oleh sejarah.

dan kalau merujuk bahwa indonesia saat ini tengah berada dalam kondisi yang semakin hari semakin bobrok, maka kita semua bisa menjadi sufi di sini. di indonesia..
mari kita kembali belajar tuk tempatkan segala sesuatu pada tempatnya dan memenuhi segala sesuatu sesuai haknya.
contoh nyatanya seperti : buanglah sampah pada tempatnya dan bayarlah upah/ongkos sesuai haknya. termasuk juga dengan tidak mengambil/membeli apa-apa yang tidak disubsidi tuk golongan kita.
sederhanakan??
see.. maka kita semua adalah sufi indonesia!!

yuk, rame-rame kita jadi sufi ..

e isengggg..
saya jadi lagi mikir nih.
kalau saya jadi sufi,
nama apa yaa yang cocok tuk saya?

anis sufiwati, anis sufiyanti, anis sufikasari, anis sufiranti, su-anis fi-losifiwati, su anis fi-ranti, su-anis fi-siologi, sufi anisanti, sufi anis susanti, sufi anis saras008, sufi anis sufidoo fidoo, hehehe… apa lagi yaa..??
atau anis sufisusilo bambangyudhoyono?? hahahaha… ga ding! ga mau!
sudah ah, anis…………. saja! hihihi πŸ™‚

jangan sedih yaa..
seberat apapun masalah di depan mata..
mari sejenak tertawa..
melepas penat dalam jiwa..
dan mari jadi sufi..
yang manis juga baik hati..
karena sesungguhnya islam itu mudah..
dan sungguh islam itu sangat indah..

salam,
anis

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

8 Tanggapan to “maka kita semua adalah sufi..”

RSS Feed for “Islam Indie” Comments RSS Feed

hihihi..kadang kadang zuhud diartikan jadi malas berduniawi, padahal zuhud itu bekerja dengan sekuat tenaga, tapi bukan untuk dunia, gitu aja sih simpelnya ya gak mba?

@rajwalimuda
bettulll! :))

Sufi kan bukan sebutan. Sufi ya tingkah laku. Atau kalo diblog, tingkah tulisan. πŸ˜€

@danalingga
bettull dua!! πŸ™‚

seimbang fikir, ruh dan jasad…
lalu membagi keseimbangan itu keluar diri,
jadi rahmatan lil ‘alamin

::gini aja teh anis, namanya sop anis…eh koq kaya buka warung ya….
::dulu saya sangat memimpikan jadi seperti sufi, namun sekarang…,akh jika bukan lantaran satu kesatuan…bisa apa…..

@tuan sufi
bettull tiga!! πŸ™‚

@zal
ehmm, kalau gitu.. gimana tuk mimpinya jadi sufi itu, di beri nama zal sufizal zailani.. πŸ™‚
emang hidup ini relatif ya, mas.. kita hanya bisa berusaha dan berserah diri. semoga Dia perkenan doa dan usaha kita. menjadikan banyak kebaikan di muka bumi. pisss…

terima kasih bu, mengajak saya juga tertawa πŸ˜€


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: