energi….

Posted on Mei 28, 2008. Filed under: 1 |

(lagi blue nih… jadi pengen jatuh cinta lagi, biar dapet energi lagi.. hehehe, emang BBM?? )

dua hari yang lalu, saya ke Gramedia sendirian. sengaja saya naik angkot yang sedang mengetem dan duduk di depan bersama supir. lamaaa.. tidak ada penumpang yang naik, maka kamipun berbincang-bincang. lalu bapak supir itupun bercerita pada saya, soal dampak kenaikan BBM. katanya gini..
– neng, kemarin saya makan di warteg. sudah lama saya tidak makan di warteg, kepengin gitulah. aduh, neng… kaget saya!
– kaget kenapa pak?
– saya cuma makan sama dua rempeyek udang dan sepotong tempe, harganya 6000!! saya pikir cuma 3000 aja. tapi namanya pengen ya neng, ya saya bayar saja. sama-sama cari uang, saya ngerti kalau tukang warteg juga pada naikin harga..
(saya nih kok miris dengernya yaa.. glek, menelan ludah sendiri..)
– emang biasanya bapak makan dimana?
– ah, di warung nasi padang itu neng. cuma nasi dan kuah-kuah gulai itu saja, masih bisa 3000.
kita harus sama-sama pengertian neng, hidup sekarang semua susah..
– iya pak..

aduh… sakit deh tenggorokan, mereka masih bisa bilang mari saling mengerti..
kok yang di atas sana ga ada rasa mengertinya yaa??
dunia ini kok seperti kebalik-balik??

bapak itu masih bilang gini..
– neng, maaf aja kalau ongkosnya naik. ini teh naik, bukan buat nambah untung. ini sama saja kok. hanya buat nutupin naiknya BBM saja..
– saya ngerti, pak..
– saya suka kasihan sama anak sekolahan neng. biar anak orang mampu, namanya juga anak sekolahan. kasihan kalau ongkos kemahalan untuk mereka..
– iya pak..
(aargh, speechless deh..)
– tadinya kita supir angkot, pada diminta demo neng. kita ga mau ribut terus, cape. maka sudah aja kita minta ongkos dinaikin sepihak, padahal belum ada kesepakatan resmi dengan pengurus. ini masih itung-itungan kasar aja. pokoknya kita ga mau demo.. kasihan penumpang, juga kasihan anak istri. sudahlah, jangan ribut-ribut aja. hidup sudah susah, ga bisa ditawar lagi..
– emang istri dimana pak?
– di sukabumi. wah, disana mah tenang neng.
– maksudnya?
– iya, kalau di kota, kita sulit cari minyak tanah, sulit cari gas LPG, sulit cari ini-itu. di sana mah gampang. pake kayu bakar aja neng. makanan juga tinggal tanem. cuma sulit ya sembakonya aja. mahal..
– di sini, kampung-kampung sekitar bogor juga sudah banyak yang pake kayu bakar juga pak..
– iya, tapi kayunya sulit di cari neng. banyaknya ambil dari bekas bangunan. di sukabumi mah masih gampang cari ranting-ranting kering..
– o.. gitu..
– hidup sudah ga bisa menggandalkan siapa-siapa neng. sudah ajalah, kita jalani pelan-pelan. saya sudah malas pemilu, malas ini itu, ga ada gunanya..

belum sempat saya mengomentari, angkot itupun penuh. alih-alih si bapak segera berangkat, dia malah pamit..
– mangga neng, giliran saya nanti siang. ini teman saya dulu yang narik.
– o iya bapak, nuhun.
maka temannya lah yang naik, dan angkot pun berangkat..

di Botani Square Bogor, saya duduk sendirian di solaria food court, di pojoknya yang termaram, memandang semua yang lalu lalang. black currant itu tidak cukup menyejukkan tenggorokan saya yang masih tercekat mengingat pembicaraan tadi. orang yang melihat mungkin berpikir saya sedang patah hati nih.. duduk di pojok, makan dengan malas dan hati miris.. dan sungguh, saya memang sedang patah hati.

bagaimana ya mengatasi semua ini??
duh, tuhan..
kasih inspirasi dong..
jangan buntu gini..

Gramedia sendiri nampak lenggang ketika saya datang. saya membeli buku berjudul “Jika Hal Buruk Terjadi” untuk anak saya, dari seri elf help books for kids. maaf sebelumnya atas pilihan buku saya ya, saya nih merdeka memberikan referensi pada anak-anak. dan memang ada yang menarik di dalamnya..

– mengapa tuhan membiarkan hal-hal yang buruk terjadi? bahkan orang yang paling bijaksana di duniapun tidak sanggup untuk menjawab pertanyaan ini.
– kita percaya bahwa tuhan punya rencana besar untuk dunia ini, meski kita tidak memahaminya. kita tahu, tuhan hanya mencintai dan menyayangi kita.
– berani bukan berarti kamu tidak takut. berani berarti sebetulnya kamu takut, tapi kamu tetap mau melakukan apa yang harus kamu lakukan.
– sesungguhnya, orang yang berani adalah orang yang cerdas karena ia tahu bahwa kebaikan bisa mengalahkan kejahatan. cinta bisa mengalahkan kebencian. kita semua lebih kuat dari pada yang kita pikirkan..
– hal paling baik untuk dilakukan saat sesuatu yang buruk terjadi adalah mencurahkan lebih banyak kebaikan ke dunia ini..

hehehe, berarti bapak supir angkot itu benar dan berani..
dia memilih menyudahi semua yang berpotensi ribut-ribut, tidak usah demo-demo, mari cari solusi nyata walau menyakitkan dan menyulitkan untuk sementara waktu ini.

dan saya pribadi percaya
kalau gusti ora sare..
sungguh, tuhan tidak tidur..
hidup pasti berjenjang, kita hanya butuh tuk berpihak..
hanya sebuah keberpihakkan..

pulang dari sana, saya geli melihat seorang nenek tua yang duduk di samping saya dalam trans pakuan -bus waynya kota bogor-. meski sudah cukup tua, bacaannya novel tua, tipis, berbahasa inggris, berjudul “Love in Summer“.. saya ikut mengintip sedikit, walau novel sederhana, serius sekali loh nenek itu. seperti sedang jatuh cinta gitu deh.. 🙂

yup, mari terus hidup
jangan merasa surut..
cinta adalah energi..
tuk kembali bersinergi..

anis

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

3 Tanggapan to “energi….”

RSS Feed for “Islam Indie” Comments RSS Feed

Wah mulia bgt supir angkotny
Cba kalo smw org ky dy
Dunia pasti indah
Tp itlah hdup

Back to nature. Nanti juga semua orang akan menyadari mereka memerlukan orang lain untuk membeli minyaknya, membeli berasnya, memakai angkutannya, dan memilihnya jadi pemimpin.
Jadi, lama-lama orang akan melakukan sesuatu yang saling menguntungkan.
lama-lama, tapi entah berapa lama 🙂

@FaNZ
salam kenal.. 😀


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: