kartu tarot..

Posted on Juni 5, 2008. Filed under: 1 |

(tuk mas crapucinno.. ttg salah satu malam yang membawa saya ke luar rumah..)

malam itu seperti biasa, saya dan suami sepakat melewati di tempat biasa kami menikmati musik malam-malam. setelah mendapat izin dari anak-anak, maka kamipun segera ke sana..

di jalan dekat tempat yang kami tuju, mata saya terpaku pada sosok ibu tua yang duduk di pinggiran warung tepi jalan. tuna wisma gitu deh. dia membawa karung gombelan, entah apa isinya.
dia menarik perhatian saya, karena sedang asyik bermain kartu tarot.
asli kartu tarot, yang hitam itu..
dia berkomat-kamit sendiri, lalu tertawa sejenak, dan kembali memainkan kartu tarotnya. selayak orang yang urang waras gitu..

saya hanya melihat sekilas.. sempat merasa tidak nyaman, tepatnya merasa miris.
dapat saya bayangkan, pastinya dia sibuk bermain kartu tarot tuk menghitung nasibnya dari hari ke hari.

berharap kartu tarot itu menunjukkan peluang tuk hidupnya menjadi lebih baik..

lalu saya tinggalkan pemandangan itu. sayapun mengikuti suami memasuki tempat yang kami tuju. malam itu, lebih dingin dari biasanya. keramaian tempat itu tidak cukup menghilangkan rasa dinginnya udara terbuka di tempat makan yang memang juga terbuka.
suami berinisiatif memesankan saya cappucino. hehehe, saya nih ga kuat minum kopi. suka langsung sakit perut. tapi berhubung dingin, suami saya bilang, cobain dikit deh buat anget-anget.. padahal saya sudah memesan aqua botol tuk temen makan saya.
hehehe, saya tipe yang banyak minum air putih tuk kesehatan.. đŸ™‚

alhamdulillah, saya bisa meminum cappucino-nya. mungkin karena terlalu dingin udaranya.
maka ketika akan pulang, aqua botol itu masih utuh. oleh suami disuruh bawa saja. waktu masih jam setengah 10 malam. masih ramai di sekitarnya..
nah… ketika melewati lagi jalan itu tuk pulang, ibu tua itu masih terlihat memainkan kartu tarotnya..

maka saya meminta suami berhenti sebentar, saya mau memberi aqua botol yang masih utuh pada ibu itu.
saya menghampirinya dan memberinya langsung ke tangannya.
– bu, di minum yaa..
– e… terimakasih nak..
katanya tersenyum..

astaghfirullah, saya kaget..
bibirnya tersenyum lebar, matanya bertemu mata saya..
dia bukan orang yang tidak waras. sinar wajahnya hangat terpancar kok..
tapi kenapa dia kadang suka tertawa sendiri atau kadang bolak-balik memainkan kartu tarotnya seperti orang yang tidak waras??

saya membalas senyumnya, permisi..
dia mengangguk, sambil langsung membuka botol aqua pemberian saya. ketika saya meninggalkannya, saya masih sempat melihat dia meminum aqua botol itu dengan begitu hausnya gitu. rasanya senang gitu deh..

sepanjang jalan saya terdiam sendirian..
terbayang wajahnya ketika membalas sapaan saya tadi.
dia normal!
dia masih normal!
ah, kartu tarot..
kaukah tempatnya bergantung??
kok, ada rasa sakit di hati yaa..
apakah tuhan telah begitu jauh untukmu?
sehingga kartu tarot lebih kau sukai dariNya?
atau itu hanya tempatmu tertawa di sela harimu yang sulit?
tuhan, jangan tinggalin kami donggg… higs.

yup, demikianlah salah satu malam
yang membawa saya ke luar rumah..
malam punya denyutnya sendiri..
bagaimanapun bentuknya..
itu hidup..
hidup!
dan tetap kehidupan…

salam,
anis

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

