berani menjadi indonesia

Posted on Juli 25, 2008. Filed under: Indonesiana |

(ini semacam kesimpulan sederhana yaa..)

khusus tuk trilogi ke tiga, saya hanya memotret fakta yang ada saat ini ya.

sebetulnya ini semua adalah buah dari perjalanan panjang bangsa kita yang terus menerus tidak berani menjadi dirinya sendiri.

mengentalnya wajah keberagamaan kita saat ini, terutama islam garis keras di indonesia, disebut sebagai efek dari menguatnya dominasi barat dan kapitalis di indonesia. ini pernah ditandai dan dicurigai dengan menguatnya jaringan misionaris kristen di indonesia sebagai alasannya.

sehingga sebetulnya, bagi ideologi dan agama apa saja yang ingin dicoba, selama tidak berani menjadi indonesia, persoalan seperti ini akan terus bermunculan.

belum lagi, ujung-ujungnya ini bermuara pada keinginan para elite penggerak masalah ini tuk menguasai ekonomi dan kekayaan indonesia. langsung atau tidak langsung. malah bisa jadi ini hanya konspirasi tuk persoalan ekonomi juga. who knows?

maka nih, inti dari persoalan ini di rakyat seperti kita sih hanyalah karena masalah kemiskinan dan kehidupan yang semakin hari semakin sulit.

saya kok ingin ada banyak orang indonesia, di segala elemen mulai tuk mau memikirkan indonesia ini secara bersama-sama tanpa banyak pamrih. kehidupan materialistis harus mulai dikurangi dengan keyakinan akan kesederhanaan yang lebih membahagiakan banyak pihak.

persoalan energi juga tamparan akan kebiasaan boros kita. ya ga?

ga bisa maju deh, kalau hanya memikirkan diri sendiri mulu dan kelompoknya saja.

mari bercermin pada perjalanan 63 tahun kemerdekaan ini, dengan kejujuran penuh.

hmm disatu sisi saya juga pasrah, kalau pada akhirnya semua pihak ingin konsep dan pemikirannya di coba, ya silakan saja dilihat sejauh apa pembuktiannya terhadap pemikiran atau janji-janjinya itu.

sama-sama jujurlah..

kesimpulan :
yuk kembali menjadi indonesia.
bersama-sama kita peduli indonesia kita.
kalau bukan kita, siapa lagi?

semoga perjalanan panjang ini harus berakhir pada kemenangan indonesia kita bersama

saya
bapak cina
ibu cina jawa
suami saya jawa
saya lahir di indonesia
saya besar di indonesia
saya cinta indonesia
saya indonesia
dan
saya hanya ingin melihat indonesia saya : jaya

sampai ga ya umur saya tuk indonesia jaya?
wah, kaya yang sudah tua banget ya…? 🙂
saya 73 tahun, hahahaha…

salam indonesia 😀
anis

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

