bintang

Posted on Juli 29, 2008. Filed under: coretan |

(tiba-tiba saya tersadar tentang bintang..)

akhir tahun lalu, teman saya sms. anaknya bersekolah sebuah sekolah berbasis islam moderat, di bilangan jakarta selatan. dia teman kecil saya, muslim. dulu kami sama-sama di xaverius.
anak-anaknya ya muslim dongg.

– nis, tau ga anak gua sama teman-temannya lagi sibuk bikin kartu natal!
– trus kenapa?
– lu tipe yang mengharamkan selamat natal ga?
– ya ga lah.. gua selalu mengucap selamat natal sama bokap dan keluarga.
– kirain lu tipe yang masih alot soal ini..
– ga deh..
– e nis, anak gua sukanya bagian bikin gambar sinterklas yang dominan ijo dan merah gitu. dari zaman dulu sampai sekarang, masih bertahan ya temanya. gua jadi inget, dulu tuh elu yang gambar sinterklas di papan tulis sekolah nis.
– hehehe.. simbol deh. ga banyak butuh ini itu cukup mengambarkan identitas aja kan?! samalah dengan ketupat.
– iya sih. nah, tau ga nis.. si bokap jadi ikutan melunak tuh gara cucunya bikin kartu natal buat yang temennya yang kristen. si bokap beliin kado boneka tuk cucu temannya yang ngerayain natal. sok lagi tuh si bokap, katanya ini kado natal loh.
– hehehehe, baguslah. jadi hangat ya..
– iya sih, apalagi teman bokap itu kalau lebaran juga suka main dan kasih kita parcel. saling memberi deh.
– yup. keren..
– nis, meski sekarang lu dah muslim. gua tuh selalu inget, gimana gua dulu selalu sibuk milihin kartu natal yang bagus buat lu. hahaha. gua selalu beliin lu yang bagus loh. inget ga nis?
– inget dong. pertama kali dapet kartu natal yang dibuka bunyi lagu jinggle bell kan dari elu.
– hahahaha, aneh ya nis kalau inget waktu itu.
– hehehe, iya ya. siapa nyangka jadi begini.
– nis.. i love u.
– ih, seremmm.. 🙂
– sinting! gua ga lesbi. cuma mau bilang gitu aja..
– hehehe, sorry. becanda. i love u too.
– nis, merry christmas
– merry christmas, too
– nis, minal aidin wal faizin, maaf lahir batin yaa
– minal aidin wal faizin dan maaf lahir batin juga..
– nis, hepi valentin
– hepi palentin too..
– nis, lu kok mbeo aja sih. gua bahagia nih. gua bahagia tau lu tetap anis gua yang moderat. hari ini jadi special deh.
– segitunya. elu ga kesambet apa-apa kan?
– hahaha. e, nis.. sudah berapa tahun ya kita ga ketemu?
– 11 tahun deh. ga kerasa dah lama yaa??
– lu baik-baik aja di sana ya nis..
– sama-sama yaa..

***

saya inget, ayah saya yang atheis.
beliau menolak ada pohon natal di rumah. katanya
– ih, apa-apaan sih? kaya ga ga ada kerjaan aja. ga usah deh, ntar kalau ada petir malah roboh!
hehehe.. jadi kita ga pernah punya pohon natal di rumah. padahal saya kecil, sangat ingin punya bintang yang terang di atasnya.

***

ibu mertua saya sangat special menyiapkan lebaran. ketupat dan teman-temannya adalah asli resep keluarga. saya suka membantunya menyiapkan hidangan lebaran ini. sampai kadang pas lebarannya malah terasa cape. tapi puas, karena lebaran jadi memiliki ciri khasnya. anak-anak dan keponakan-keponakan yang suka ria.

saya juga pasti selalu berlebaran di rumah ibu mertua, maklum karena keluarga saya kan bukan muslim. tidak sebagaimana pasangan dari keluarga beragama sama, yang ada pembagian jatah, kali ini lebaran di rumah mertua, dan kali ini lebaran di rumah sendiri. saya pasti selalu di sana dan ikut bersilaturahmi kemana aja di bawanya. hehehe 😀

***

semakin besar, semua yang special itu terasa hanya tuk anak-anak saja ya.
terasa tuk memberi kenangan terindah tentang perayaan.
tentang rasa special dalam beragama.

sementara setelah berjalan sejauh ini
terasa kita ga butuh hari special tuk merasa special.
semua hari bisa menjadi special

apalagi dengan melihat begitu banyak ketidak beruntungan di sekitar kita
masihkah kita mampu hadirkan rasa special itu tuk mereka?

bintang..
izinkan saya berikan rasa bintang
pada semua yang bisa membuat setiap harinya adalah special
😀

salam,
anis

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: