disayang tuhan

Posted on Agustus 7, 2008. Filed under: coretan |

(ini cuma iseng loh..)

suatu hari, malaikat menghampiriku
yuk kita lihat manusia-manusia yang disayang tuhan
o? hayukk..
akupun mengikuti langkah malaikat
tiba-tiba.. oops, maaf malaikat. tunggu bentar.
ujung belakang celana jeansku yang robek tersangkut kakiku sendiri.
hehehe, pisss 😀

malaikat mengajakku berkeliling aneka tempat ibadah. katanya manusia yang rajin ke tempat ibadah dan memuja tuhan menjadi dekat dengan tuhan.
merekalah manusia yang disayang tuhan
aku terdiam, hmm..

lalu malaikat mengajakku melihat manusia yang banyak berpuasa. katanya manusia yang berpuasa menjadi bersih di hadapan tuhan.
merekalah manusia yang disayang tuhan
aku terdiam, oo..

malaikat mengajakku melihat manusia yang banyak bersedekah. katanya manusia yang bersedekah menabung banyak di sisi tuhan
merekalah manusia yang disayang tuhan
aku mengangguk-angguk, hmm..

malaikat mengajakku melihat manusia yang banyak berziarah ke tanah tuhan. katanya manusia yang berziarah ke tanah tuhan telah sampai pada tuhan
merekalah manusia yang di sayang tuhan
aku menggangguk-angguk, oo..

bahkan malaikat mengajakku mengintip malam. melihat manusia yang menangis di malam-malam mengingat tuhan
merekalah manusia yang di sayang tuhan
aku memperhatikan dan.. hmm..

aku tak tahan ingin berkata,
– malaikat, aku tahu mereka adalah manusia-manusia beruntung yang disayang tuhan. tapi aku tidak iri pada mereka. aku bahagia melihat mereka di sayang tuhan.

malaikat balik bertanya,
– kamu tidak ingin disayang tuhan seperti mereka?
– bukan tidak ingin. aku hanya tidak mau merepotkan tuhan.

– maksudnya?
– begini ya malaikat, kalau semua manusia mau di sayang tuhan, siapa dong yang menyayangi tuhan? nah, aku aja deh yang sayangi tuhan. aku ga perlu di sayang tuhan, aku ga papa kok. aku tahu tuhan sudah terlalu baik padaku. jadi aku aja deh yang gantian menyayangi tuhan. gimana?

– maksudnya?
– aku sudah ga punya banyak mau pada tuhan. aku juga ga berpikir minta di sayang tuhan, aku sudah tahu sayangnya tuhan jauh sebelum aku memintanya. jadi ga perlulah aku berlomba begitu. aku begini aja deh. menyayangi tuhan diam-diam dan mengagumiNya diam-diam juga.

– emang kamu punya apa tuk menyayangi tuhan?
– yee, malaikat.. menyayangi itu kan karena punya rasa sayang itu. emang harus pake apalagi tuk menyayangi tuhan?

– hanya itu?
– ya iyalah. buatku itu justru sangat besar dan mahal dalam hidupku. asal tahu saja ya, aku jarang bisa menyayangi manusia seperti aku menyayangi tuhan. tapi sebaliknya, aku malah jadi bisa menyayangi banyak manusia dengan aku menyayangi tuhan. ga tahu juga tuh kenapa bisa begitu. pokoknya sayangku pada tuhan adalah sayangku pada manusia itu sendiri.

– manusia sepertimu membingungkan ya?
– malaikat sepertimu juga membingungkanku.

– maksudnya?
– kalau kau benar malaikat, seharusnya kamu lebih memahami tuhan. tapi aku ngerti sih, kerja malaikat hanya memuji tuhan, bukan mengkritisi tuhan. jadi aku maklum kalau buat malaikat memuja tuhan hanya satu cara itu saja.

– hmm..
– hahaha, jangan mengelak malaikat. bukankah begitulah kisah penciptaan kita? iya kan?? kamu cuma seperti sisi yang baik-baiknya aja.

– lantas apa kamu lebih baik dariku padahal katanya kamu -manusia- suka merusak?
– aku tidak bilang aku lebih baik darimu. aku hanya ingin bilang, kalau aku bisa menyayangi tuhan. meski tuhan tidak memintanya. hahaha.. piss ah, mbok jadi malaikat jangan terlalu serius.. 😀

kutinggalkan malaikat yang kebingungan..
oya, maaf.. hampir lupa, makasih ya malaikat….!!

malaikat memang hanya punya satu persepsi, berbuat baik.
seperti iblis juga hanya punya satu persepsi, berbuat jelek.
lah, aku manusia, aku boleh memiliki banyak persepsi. bahkan aku harus memiliki keluasan persepsi, agar aku bisa melihat lebih dalam dan lebih merdeka. tentu selama aku tidak mengkhianati tuhan yang memberiku kehidupan.

maka aku rebahkan tubuhku di kasurku
serasa tuhanpun merebah bersamaku
aku menyayangimu tuhan
aku juga baru sadar kalau aku menyayangimu
aku tidak iri jika tidak sempat kau sayangi aku
aku memang ingin kau sayangi semua manusia
aku sangat ingin melihat manusia bahagia di sayang olehmu
sebagaimana aku bahagia menyayangimu
karena aku tahu, aku tak mungkin bisa menyayangi seluruh manusia
maka aku tahu hanya engkau yang mampu menyayangi seluruh manusia
berbuat baikku yang hanya sedikit kusimpan saja di dalam bayangmu
aku terbatas sekali tuhan..
ya kan?

sayangi mereka sebagaimana aku menyayangimu ya..

salam,
anis

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: