“paru-paru Obama”

Posted on Oktober 27, 2008. Filed under: islam indie |

(dibagi yaa..)

mungkin sekitar 2 minggu yang lalu, saya ditanya teman soal Obama.
stt… teman saya itu bernama ibu Fitra, pernah kok masuk ke sini.. πŸ˜€

weleh-weleh.. sepertinya yang saya ini serius mengamati Obama aja. saya jarang membaca tentang Obama loh. tapi karena ditanya ya dijawab donggg..πŸ™‚

teman saya bertanya, apa sih signifikannya tuk indonesia jika Obama terpilih?
maklum banyak orang dan negara berharap pada Obama. berharap perubahan dari seorang Obama.
dan wajar juga sih.. bisa jadi banyak orang dan negara sudah bosen dengan peran amerika yang gitu-gitu aja dalam kurun waktu terlalu lama ini. belum lagi -terbukti- roda memang berputar, hidup memang berjalan dan terus berjalan, sehingga semua ulah amerika baru terlihat nyata dampak negatifnya hari ini.

hehehe, seru emang ya hidup ini. setelah begitu panjang efek domino dari sepak terjang amerika, toh akhirnya giliran itu kembali ke amerika lagi.. dan hari ini, itu adalah Obama.
percaya ga percaya.. πŸ˜‰

sebagai orang beragama – walau yang tidak suka terlalu bawa-bawa agama- (oops…) saya tetaplah seorang yang percaya pada keajaiban tuhan. saya tidak putus dari berharap pada tuhan, reflek kali ya intuisi saya tentang tuhan- kebiasaan-. walau jelas saya juga bukan orang yang suka terlalu berangan-angan tentang tuhan dan agama.

maka saya tetap percaya, hidup memang penuh kejutan..

setidaknya hingga hari ini, Obama adalah “kejutan tersendiri” -dari tuhan- di tengah dominasi yang telah lama monoton mendera dunia.

nah, apa signifikannya Obama -jika dia menang- tuk indonesia…
di ma-ta sa-ya?

hmm… gini..

saya pikir Obama harus mempertahankan indonesia sebagai paru-paru dunia. mau sehebat dan secanggih apapun program pemerintahan yang akan digulirkan, baik itu Obama bahkan siapapun pemimpin di dunia saat ini, mau ga mau sudah harus memasukkan persoalan global warming dalam agendanya.

dimata saya, global warming adalah ancaman yang serius melebihi perang dan teroris – yang bahkan teroris pun tak bisa lari daripadanya. hehehe πŸ˜€

maka Obama -jika dia memimpin amerika-, dia harus bisa mempertahankan beberapa wilayah di dunia ini yang berakses tinggi dan langsung terhadap persoalan global warming.
dan indonesia adalah salah satu diantaranya..

waktu berkata itu, saya pikir..
– saya gila kali yaa bicara gitu dengan tanpa data apa-apa.
hehehe, saya memang suka asal dan sekedar ikuti intuisi saja.

dan kemarin saya takjub atas perkataan saya sendiri itu.
mau tahu?

dihadapan saya adalah buku National Geographic edisi Indonesia, termasuk di dalamnya membahas tentang Hutan Kalimantan.

catt : National Geographic Indonesia edisi November 2008, halaman muka berjudul Puri Kristal. baru saya beli kemarin di gramedia. -red.

wow… antara takjub dan sedih 😦
disana tertulis sejak 1970 terjadi pembalakan liar gila-gilaan terhadap wilayah kalimantan, yang terbagi tiga, indonesia, malaysia dan brunei darusalam. terbesar ya indonesia.
untuk apa? selain tuk dijual kayu-kayu dan kekayaan alam kalimantan, termasuk tuk demam minyak kelapa sakit!

banyak areal yang dibuka -dengan dibakar- tuk perkebunan kelapa sawit. permintaan yang tinggi tentu menggiurkan. belum lagi iklim kalimantan cocok tuk tanaman industri tersebut. manjadikan malaysia dan indonesia eksportir kelapa sawit terbesar di dunia.

tapi dampaknya? tahu sendiri deh.. aneka spesies marga satwa terancam punah, efek rumah kaca yang gila-gilaan bahkan menjadikan indonesia negara penyumbang karbon ketiga terbesar menyaingi cina dan amerika yang hanya karena industri.

sejak kecil, saya sudah tahu dari pelajaran geografi kalau kalimantan itu bertanah gambut. yang mana tanah gambut itu kalau dibuka, maka akan terjadi pelepasan karbon gila-gilaan. tanah gambut dalam bahasa geografi dulu istilahnya adalah batu bara muda. butuh proses ribuan tahun lagi tuk menjadikannya batu bara tua. tapi lepas dari itu, sebatas gambut saja, jika ada tekonologi yang memadai sudah bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi.
huahhh… kalimantan itu kaya!

tapi be-tenya, itu ga buat rakyat kalimantan jadi makmur!
rakyat kalimantan bahkan beberapa suku dayaknya, masih hidup sangat minim. sangat minim!
aaaarghhhh……

banyak pihak tertarik dengan kalimantan. yang masuk selama ini ke sana adalah BHP Biliton, perusahan Australia-Inggris dengan anak perusahaannya PT. Arutmin. yang kemudian sahamnya dibeli oleh Bumi Resourses milik Bakrie Group. termasuk sudah mulai lobi tingkat tinggi tuk mengeksplorasi ke bagian dari hutan lindung.
wow.. sudah bergandengan tangan dengan “pemerintah” nih. tau dong siapa Bakrie??

ini linknya buat dibaca-baca..
http://www.walhi.or.id/kampanye/energi/iklim/071001_gambut_kyoto_australia_cu/

diakhir artikel itu ada pertanyaan gini :
Pertanyaan yang menarik, apa motif penyelamatan lahan gambut dunia dan Indonesia. Betulkah gambut perlu dikonservasi untuk mencegah lepasnya karbon ke udara dan mencegah percepatan pemanasan global, atau gambut perlu β€˜diamankan’ oleh pihak-pihak tertentu demi penguasaan salah satu sumber energi terbesar di dunia?

hmm..

saya nih masih pesimis sama pemerintah kita kalau ga berubah. ini jujur loh.
maka saya berharap pada Obama.
saya tidak menafikan uang, tidak menafikan investasi, saya bahkan tidak menafikan kapitalis. saya hanya ingin permainan ini berimbang, dan Obama harus bisa menyeimbangkannya.
hahahahaha.. kasian Obama. banyak PRnya. πŸ˜€

bukan berarti Obama mengintervensi kedaulatan kita lah, saya berharap Obama bisa mengakselerasi pemerintah kita bahkan dunia, tuk masalah “konservasi dunia” ini.

berbeda dengan Bush yang sampai harus dipaksa tuk menandatangani Protokol Kyoto itu kan?? πŸ™‚
Obama itu orang pinter, Amerika itu rasional. saya yakin Obama seharusnya tahu apa-apa yang masih bisa diintensifkan dan mana yang harus dilindungi abis-abisan. krisis amerika semoga bisa membuat amerika lebih kritis. dimana-dimana kesadaran hemat, kesadaran hijau sudah menggejala di keluarga amerika, semoga itu juga akan mengakselerasi hijaunya indonesia.

sebut saja, di buku National Geographic sendiri dikatakan negara maju termasuk Amerika harus bisa mengurangi penggunaan minyak sawit tuk -bahkan sekedar sabun- dan mengurangi kegandrungan akan lantai kayu.
pokoknya mari daur ulang yang ada, demi dunia.

selebihnya ya bergantung pada pemerintah indonesia ke depan.
setelah 32 tahun dikuasai oleh rezim orba yang kemaruk atas nama pusat, maka era reformasi dengan otodanya gantian prilaku bupati dan pejabat setempat yang gila-gilaan mengeksploitasi hutan kalimantan. tentu tetap dengan sistem setoran sebagaimana terungkap dalam kasus Al Amin Nasution itu.

saat ini sih konsentrasi hanya masalah internal indonesia, mampukah indonesia memiliki putra-putra terbaik yang memiliki keberanian dan dedikasi tinggi tuk negerinya?

saya nih ya kok percaya, mempertahankan indonesia yang hijau akan membuat indonesia tetap memiliki nilai jual yang tinggi. indonesia harus bisa menemukan nilai jual baru di tengah persoalan dunia saat ini deh. jangan melulu mengikuti pasar. kembali hijau tuk ketahanan pangan saja sudah luar biasa loh. inget tanah indonesia ini subur. jangan melulu industri, properti dan permintaan pasar deh. harus mulai dibatasi.

termasuk tuk konon yang katanya investasi lahan pertanian di papua, hehehe, sudah studi jangka panjang belum tuh ya? itu menyangkut hutan papua loh.
kalau lagi-lagi hanya akan membuat kesenjangan kehidupan seperti potret feodal antara tembok investasi dan penduduk lokal sih, ah… saya mah ga tertarik tuk melulu menyakiti hati rakyat indonesia.
dan konon katanya yang masuk bin Ladin dari arab saudi yang (lagi-lagi) lewat Bakrie group. banyak diberita toh? cek lagi aja deh.

hmm.. sehingga yang pasti – beneran deh- Obama harus bisa aktif mempertahankan paru-paru dunia, yang salah satunya bernama indonesia.

kesimpulan : semua investasi harus dibatasi demi tidak merusak dan semakin memperburuk keseimbangan alam. dan semua investasi harus bisa sebesar-besarnya mensejahterakan kehidupan.

*

kemarin adik ipar saya yang saat ini tugas di Houston chatting bilang gini, di tempatnya -houston- saat ini sedang dingin banget. lah, diberita amerika sono, katanya matahari posisinya sedang dekat-dekatnya dengan indonesia, tepatnya terdekat dengan pulau jawa. bahkan suhu jakarta sudah sama dengan suhu di mekkah sana.

adik ipar saya jadi bertanya, apakah bogor juga sepanas itu?
waduh, saya ga pasang termometer ruang di rumah. jadi ga tahu persis. yang jelas kalau keluar rumah siang-siang, pipi saya akan langsung merah. emang panassss… πŸ˜€

tapi bogor masih ada hujannya. maklum kota hujan. yang sebal kalau udara sudah lembab banget tapi ga turun-turun hujan. wuih, gerahhhh… dan saya bertahan tidak memasang ac demi tidak turut memproduksi panas bagi kehidupan di luar rumah saya.

dunia kita saat ini memang sedang kehilangan keseimbangannya. maka iklim seperti kebalik-balik. dan karena indonesia ada di katulistiwa, maka wajar kalau indonesia harus dipertahankan sebagai salah satu paru-paru dunia. bukan tuk indonesia sendiri, tapi termasuk tuk semua negara di dunia ini.

jangan melulu berpikir tuk mengeksploitasi indonesia deh.
gitu ga sih?

***

nah, agama?
dimana agama di persoalan seperti ini?
mau ribut melulu soal ayat-ayat yang tidak lagi layak?
atau ribut soal hadist-hadist2 yang melulu kontradiktif?
haduhhhhh…. 😦

inspirasi terbesar dari semua kitab suci cuma satu deh..
jawab persoalanmu sesuai bahasamu dan bahasa zamanmu dengan semangat cinta kasih yang sungguh-sungguh mencintai kehidupan ini.

nah, gimana???
siapakah yang berani melihat dunia yang ga cuma itu-itu aja?
jangan egois
mari realistis

merdeka! πŸ˜€

salam
anis

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

4 Tanggapan to ““paru-paru Obama””

RSS Feed for “Islam Indie” Comments RSS Feed

ngomong tentang kalimantan bu..
wah kalo lihat dari google earth pingin nangis
aja…
itu semua hutan berubah jadi sawit.
udah gitu malaysia nebangin pohon dekat
perbatasan lagi. Mungkin dia mau curi
diam diam…
Coba lihat lagi di Papua…
ada hutan yang di ancurin ukuran gede banget
bentuknya kotak persis…
dibuat sawit juga…
Padahal foto yang dari google sudah cukup lama.
mungkin kondisi sebenarnya saat ini jauh
lebih parah…

@mas datyo
di buku national geographic sih ada detail foto tuk hutam lindung taman nasional gunung palung antara th 1989 dan 2005. huah, lumayan jauh bedanya.

konon katanya menejemen taman nasional yang baru tengah berusaha menghambat pembalakan yang terjadi.

padahal kalau lihat foto hutan dari atas, eksotis ya. seperti aveolinya paru-paru manusia. menulis ini membuat saya teringat pelajaran sd, smp, dan sma dulu. hehehe πŸ˜€

percaya ga percaya, emang hebat ya indonesia ini.
dan hebat ya tuhan itu, sudahkah menciptakan indonesia begitu luarbiasa, eee… mengizinkan pula kita jadi lahir dan besar sebagai warga negara indonesia.

so?

kalo menurut saya, heboh Obama hanya gara-gara dia orang kulit hitam pertama yang bisa mencapai kandidat presiden, di negara yang notabene masih banyak yang narsis.

Nah, dunia ini udah kadung ber-stereotip bahwa Amerika itu negara adikuasa dengan dominasi orang kulit putih, yang rada beranggapan bahwa mereka emang superior. Jika Obama benar-benar menang, dia akan jadi presiden maka buat dunia agak “ajaib” kalo warga kulit putih Amerika mau dipimpin oleh seorang kulit hitam.

Karena itu, kenapa banyak negara-negara yang merasa ditindas Amerika jadi berharap banyak pada beliau (bahkan ada satu koran yang selalu nggak lupa menyelipkan “… kandidat yang pernah bersekolah di Indonesia ini…” kalo bikin artikel soal Obama) apabila terpilih jadi Presiden Amerika mendatang πŸ˜‰

Semoga…

edit : bukan narsis maksud saya… rasist :p


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

