pencerahan

Posted on Januari 24, 2009. Filed under: islam indie |

sunshine3 (ketika banyak orang mencari cerah
dan tergila-gila karena pencerahan..)

.

begitu keruh maka orang mencari jernih
begitu gelap maka orang mencari cahaya

rindu rasa beningnya
dahaga rasa cerahnya

seperti pagi tiba
udara segar
matahari menghangati dingin

burung berkicau
ayam berkokok
binatang-binatang keluar sarang

embun memantulkan sinar
daun-daun segar
orang-orang bangun dari peraduan

membuka jendela
membuka pintu rumah
membuka sang jiwa

seperti itulah pencerahan
rasanya seperti menyambut pagi
setelah malam terlalu gelap
setelah tidur terlalu lelap

ada yang menyambut semangat
juga banyak yang kembali rebah

lalu perlahan matahati meninggi
panasnya sampai ke ubun-ubun
kembali rutin dan menjebak
peluh dan huh!

matahari bergeser
senja menjelma
panasnya menguap
perlahan ringan

malampun tiba
gelap di mana-mana
cahaya buatan menerangi jalan-jalan
secukup yang di butuhkan

temaram
remang-remang

badan letih
mulut menguap
mata berat
pejampun tak tertahan

kembali tertidur
kembali mendengkur
kembali tersungkur

sebagian tak benar-benar tidur
malah melindur
tidak lagi teratur

.

begitulah rasa pencerahan
tiba seperti pagi menyapa
membuka mata dan jiwa
menghirup segar dalam dada

seperti pagi menyeruak
cahaya yang datang perlahan
masuk lewat cela jendela
menembus di sela-sela rerimbunan

cuma begitu rasanya
jangan terlalu jauh mengira
pencerahan bukan keabadian
pencerahan bukan keterikatan

ia hanya seperti pagi

tak usah ingkari
jalani
sampai matahari kembali tinggi
pagipun pergi

.

maka dia kontekstual
berlalu bukan dia majal
di rasa dia universal

dia pagi yang berputar
dia ada di mana-mana
dia bahkan biasa-biasa saja

karena setiap diri adalah cahaya
karena setiap diri bisa cerah

๐Ÿ˜€

salam
anis

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

7 Tanggapan to “pencerahan”

RSS Feed for “Islam Indie” Comments RSS Feed

karena setiap diri adalah cahaya
karena setiap diri bisa cerah

sepakat! ^-^

@lumiere..
sama…๐Ÿ™‚

Wah, salut2. Mulai lg deh teknik pembelaan khas nya si Indie ini..Menjawab bbrp ‘gugatan balik’ scr simultan, dg satu postingan/tulisan.

Resiko yg hrs dihadapi saat berikrar utk belajar tak kenal henti, ya begini – tantangan dan cemoohan dtg bertubi2. Hanya bentuk dan rupanya yg tak selalu sama serta brganti-ganti. Semakin lama makin mendaki..Kalo kuat, silakan aja dijalani, asalkan tetap waspada dan berhati-hati. Tdk memaksakan, bukan pula iri. Tdk sombong, bukan pula dengki. Berbekal iman dan sabar, mudah-mudahan selamat dan selalu Allah ridhai.

Tak ada yg mampu menghalangi, jika yakin telah ada di diri. Allah tak akan menyia-nyiakan hamba-hambaNya yg selalu memanjatkan puja dan puji.

Hati2 terpeleset ya Bu.

@azyla
hehehe, mas ary bantuin dong.. berbagi ilmu kek, doa kek, konsumsi kek.. loh? hehehehe๐Ÿ˜€

jujur yaa..
kadang saya merasa, perlukah saya berbicara begini terlebih setelah saya mengerti?
karena mengerti, sering membuat saya merasa cukup. maka setelahnya ya cuma rasa rindu tuk “kembali”
tapi karena mengerti juga, sering membuat saya merasa harus menghadapi semuanya, toh rasanya juga harus siap juga. hidup bagi saya jadi seperti berada di dua kondisi, ada ga ada, sama aja. hehehe… kacau ya?๐Ÿ™‚

nikmati aja deh mas Ary..
makasih tuk diingetinnya… mohon doa selalu yaa.
inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.. semua dari Nya, semua kembali padaNya.. laa haula deh.
awalnya saya cuma nulis-nulis aja loh..๐Ÿ˜€

pencerahan seperti ketika mati listrik tengah malam.
mungkin kita ketemu cahaya henpun sudah lumayan.
kemudian kita cari lilin.
ketemu api yang menyala di lilin tambah lumayan lagi.
ketemu gen set tambah alhamdulilah.
listrik nyala lagi selesai masalah.
ketemu pagi dan ada cahaya matahari,
ternyata kita bisa melihat semua
yang sebelumnya tidak nampak.

maka, semoga pencerahan itu
senantiasa kita dapatkan kelanjutannya
jangan sampai pencerahan berhenti
padahal cahaya hakiki belum menghampiri

kita sama2 berharap, berdoa, berusaha
ya mba anis…

Rasulullah mengingatkan, iman itu bisa bertambah dan bisa berkurang (yazdadu wayanqus).
untuk kasus saya, ternyata bisa juga, ada kalanya: mati.

saat aku minum aku MINUM
saat aku makan aku MAKAN
saat aku sedih aku SEDIH
saat aku tertawa TRA LALALA


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: