ah!

Posted on Februari 11, 2009. Filed under: islam indie |

dream_250px-300x200 (masih liputan…)

tahun ini, mbak Adhin dan Mofa –anak saya– akan masuk SMP dan SD.
hehehe.. sudah diatur jarak kelahiran supaya persoalan sekolah ini ga tumpang tindih, e… yang pertama malah masuk kelas percepatan. sehingga ketemu juga deh di tahun ini.

pastinya persiapan saya ya ke soal sekolah anak-anak ini.

nah, entah saya ini ke pe-dean, entah saya ini tenang, entah saya ini ga ngerti apa-apa. saya ya santai-santai saja bawaannya.
lah, teman-teman saya, sesama ortu, pada panik menyoal sekolah ini.

karena sudahkah harganya melejit, masuknya pun sulit..

saya memang agak shock, melihat begitu paniknya orangtua mengurus sekolah anaknya. padahal zaman saya sekolah dulu, rasanya ortu tuh santai-santai aja.

haduhh.. jadi banyak nyebut nama tuhan deh. ga mau ikut-ikutan panik, yang ga puguh…

soal sekolah swasta sih ga usah dibahas deh. ada uang, ada semua.

lah, ini soal sekolah negeri.
sebut saja dengan yang dikenal saat ini dengen SBI. Sekolah Berbasis (kurikulum) Internasional. SBI ini diselenggarakan oleh sekolah negeri loh. konon sih tuk meningkatan kualitas pengajaran dan pelajaran di sekolah tersebut.

dan konsekuensinya, sistem SBI ini menjadi mahal!
di beberapa SMP negeri bahkan ada proses nego.
“beraninya bayar berapa?”

astaghfirullah, kursi sekolah kaya di lelang gitu…

lah, di SD, konon sekolah negeri dengan sistem SBI ini malah jadi ga lagi menyelenggarakan sistem yang regulernya.
weitts… jadi mahal merata nih.
walhasil –maaf– anak dari keluarga kurang mampu mustahil tuk masuk sekolah negeri unggulan donggg.

gusti…
saya beneran mo marah deh..
buat apa sekolah negeri kalau ga bisa menjangkau semua anak indonesia, siapaun dia?

informasi aja nih…
sekolah negeri unggulan dengan sistem SBI ini tuk tingkat SD kisarannya 5 sampai 8 juta! dengan SPP Rp. 300-an
sebelumnya yang reguler kisarannya 1,5 – 2,5 juta! dengan SPP gratis s/d Rp. 150 ribu. ini yang dihilangkan dari beberapa sekolah negeri unggulan.

sistem SBI tuk tingkat SMP, di beberapa tempat bersifat nego.
cerita teman, ada yang nego dengan biaya masuknya 8 juta dg SPP Rp. 700 ribu/bln.

hehehehe…
begitulah sekolah negeri kita, sodara-sodara…

walau di satu sisi, saya menyadari dengan otoda (otonomi daerah), maka sekolah-sekolah negeri juga harus memiliki pendapatan sendiri tuk pembiyaan operasionalnya, tapi rasanya saya masih belum bisa menerima keadaan ini…
saya merasa, harusnya masih bisa dilakukan hal yg lebih baik dari begini.

.

aaaaaaaah…
tuhan, tolong Indonesia dong..

saya tidak sedang menyoal sekolah anak-anak saya
saya sedang inget,
betapa begitu banyak anak Indonesia yang masih harus sekolah, tapi mengapa keadaannya begini??

ah, bikin banyak menyebut nama tuhan deh…

indonesia jaya, apakah melulu hanya mimpi?
.

salam
anis

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Satu Tanggapan to “ah!”

RSS Feed for “Islam Indie” Comments RSS Feed

Kalo sudah bicara tentang pendidikan indonesia, saya selalu tertawa terbahak bahak…
Kalo rasa sedih itu sudah mentok maka menangis bisa berubah menjadi ngakak…


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

